Kepala Disdukcapil Mengaku Tambah Hari Kerja Atas Perintah Mendagri
Oleh : Habibi
Minggu | 24-06-2018 | 12:32 WIB
irianto_tpi1.jpg
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang, Irianto (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil) kota Tanjungpinang menambah hari kerja sejak Sabtu (23/6/2018) hingga Minggu (24/6/2018).

Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto mengatakan bahwa intruksi penambahan hari kerja tersebut langsung datang dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui surat edaran.

"Ini langsung dari Mendagri kita buka Sabtu-Minggu untuk melakukan perekaman E-KTP," kata Irianto saat dihubungi, Minggu (24/6/2018).

Penegasan dari Mendagri tersebut,sambungnya Irianto, setiap daerah yang melakukan Pilkada wajib menggesa perekaman KTP elektronik. Makanya, dilakukan penambahan hari kerja agar warga yang tidak sempat melakukan perekaman dihari kerja, dapat melakukan dihari libur.

Saat ditanya tentang mengapa baru sekarang dibuka (lembur), Irianto mengatakan masih untung Disdukcapil mau buka. Dia menimpali bahwa yang ditunggu saat ini adalah masyarakat. Padahal Disdukcapil sudah lama membuka perekaman E-KTP, tapi masih banyak juga yang tidak melakukan perekaman. Menurut Irianto ada sekitar 5000 orang masyarakat yang belum melakukan perekaman.

"Tergantung masyarakat, saya sudah baik hati saja mau kerja. Sudah berapa lama kita buka Disduk ini, tapi warga kenapa tidak datang. " kata Irianto kepada BATAMTODAY.COM ketika ditanya kenapa baru lembur jelang pencoblosan.

"Ini juga atas intruksi dari Mendagri, kita disuruh gesa perekaman. Bagi daerah yang melakukan Pilkada, diminta buka hari libur sampai tanggal 27 Juni saat pencoblosan nanti juga kita buka," sambungnya.

Irianto mengatakan, pada hari pertama lembur kemarin, Disdukcapil Tanjungpinang berhasil melakukan perekaman 150 warga. Sementara yang belum melakukan perekaman masih sekitar 5000 orang.

"Ini sudah lumayanlah, kita harap hari ini bisa sama atau bisa lebih juga lebih baik," kata Irianto.

Disdukcapil Lembur untuk melakukan perekaman ini dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Editor: Surya