Riono Pastikan Alokasi Dana Gaji 13 Aman, PTT dan Honorer Daerah juga Terima
Oleh : Habibi
Minggu | 24-06-2018 | 12:04 WIB
riono_sekda_tpi1.jpg
Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan alokasi dana gaji 13 untuk PNS dan tenaga honorer di lingkungan Pemerinta Kota Tanjungpinang aman. Pihaknya telah mempersiapkan dana tersebut sesuai dengan apa yang diamanahkan oleh Pemerintah Pusat.

Dia mengatakan, Pemko Tanjungpinang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 13 miliar untuk pembayaran gaji ke-13. Dan gaji tersebut,tidak hanya aparatur sipil negara saja yang mendapatkan, pegawai tidak tetap, dan tenaga honorer daerah juga akan diberikan.

Riono mengatakan, gaji 13 ini akan disalurkan pada bulan Juli 2018. Namun dia belum dapat memastikan tanggal berapa gaji tersebut disalurkan. Yang jelas, kata dia, diupayakan sebelum anak-anak para ASN masuk sekolah.

“Yang pastinya Juli ini akan dibayarkan, tetapi belum tahu tanggal pastinya kapan. Kita akan usahakan sebelum anak masuk sekolah dana sudah disalurkan,' ujar Riono, Minggu (24/6/2018).

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tanjungpinang, Tengku Dahlan menyebutkan, gaji ke-13 ini akan diberikan kepada seluruh ASN, sementara yang berstatus pegawai tidak tetap dan tenaga honorer daerah akan mendapatkan insentif di hari yang sama.

“Honorer dan PTT akan dapat Rp 900 ribu per orang,” terang Dahlan.

Seperti diketahui, gaji ke-13 yang diterima seluruh hak abdi negara terbilang jauh lebih tinggi dibandingkan penyaluran THR. Untuk THR PNS, besaran yang diberikan adalah setara dengan gaji pokok.

Sementara untuk gaji ke-13, besarannya akan memasukan komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan umum atau tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Dengan begitu, kucuran gaji ke-13 jauh lebih besar dari THR.

Editor: Surya