Pengelola Bandara Hang Nadim Minta Kemenhub Minimalisir Kekosongan Slot Penerbangan
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 22-06-2018 | 12:32 WIB
hang-nadim21.jpg
Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengakui bahwa saat ini Bandara Hang Nadim Batam masih belum maksimal dalam memanfaatkan operasional yang sudah dapat dilakukan selama 24 jam.

Selama empat tahun, Suwarso mengakui bahwa masih banyak slot penerbangan yang kosong terutama pada malam hari. Suwarso menambahkan bahwa saat ini pihaknya sudah beberapa kali melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar slot penerbangan tersebut dapat diminimalkan.

"Prinsipnya dari kita tak ada masalah. Hanya memang kota tujuan dan darinya yang masih kendala," ujarnya.

Saat ini menurutnya, masih banyak Bandara tujuan yang menuju Batam, hingga saat ini belum siap dalam menerapkan sistem operasional 24 jam. Hal inilah yang menjadi kendala kosongnya slot penerbangan di Bandara Hang Nadim.

"Seperti dari Jambi ke Hang Nadim. Dari Jambi kan tak (beroperasional) 24 jam," lanjutnya.

Lebih lanjut Suwarso menyebut, saat ini maskapai Lion Air menjadi pihak yang diuntungkan. Itu dengan beroperasinya Bandara Hang Nadim 24 jam.

"Karena pesawat masuk hanggar, datangnya malam. Jadi tak terganggu dengan lalulintas penerbangan pesawat lain," paparnya.

Ia kembali menekankan, bagian penting dari upaya memaksimalkan slot penerbangan itu, juga terkait dengan daerah tujuan penerbangan.

Sejak Mei 2014 lalu, Bandara Hang Nadim Batam sudah membuka slot penerbangan reguler malam. Penerbangan malam hari ini bisa menjadi solusi mengurai kepadatan penerbangan untuk tujuan daerah yang mengoperasikan bandara 24 jam, seperti Banten, Medan dan lainnya.

Editor: Yudha