Jumlah DPS Provinsi Kepri Lebih dari 1,3 Juta Pemilih
Oleh : Ismail
Rabu | 20-06-2018 | 19:04 WIB
rapat-pleno-kpu.jpg
Ketua KPU Kepri Sriwati memimpin Rapat Pleno di Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan, jumlah Daftar Pemilihan Sementara (DPS) Pemilu tahun 2019 Kepri sebanyak 1.397.416 pemilih. Jumlah tersebut merupakan hasil rekapitulasi dari tujuh Kabupaten/kota se Kepri.

Ketua KPU Kepri, Sriwati mengatakan, berdasarkan hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi Kepri maka diketahui jumlah DPS Provinsi Kepri sesuai dengan angka yang tertera tersebut. Total DPS tersebut terdiri dari laki-laki berjumlah 717.517 dan perempuan sebesar 679.899 pemilih.

"Inilah hasil rekapitulasi dari masing-masing PPS dan PPK masing-masing daerah yang disampaikan oleh KPU," katanya usai Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi Kepri di Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (20/6/2018).

Ia menyebut, jumlah DPS itu merupakan hasil rekapitulasi dari masing-masing KPU kabupaten/kota se Kepri dengan total Kecamatan sebanyak 70, 416 Desa dan Kelurahan serta 5.322 Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Selain itu, ditambahkan Sriwati, selanjutnya DPS akan diumumkan di setiap kantor kelurahan dan kepala desa di seluruh kabupaten. Hal itu guna memudahkan masyarakat agar nantinya ada nama yang tidak terdaftar sebagai pemilih dapat melapor kepada panitia pemungutan suara untuk dapat segera ditindaklanjuti.

"Nanti baru kita masukkan ke dalam DPS hasil perbaikan," ungkapnya.

Editor: Dardani