KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Dua Penumpang Ditemukan Tewas
Oleh : Redaksi
Selasa | 19-06-2018 | 08:32 WIB
kapal-tenggelam.jpg
Kapal KM Sinar Bangun dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/06/2018), sekitar pukul 17.30 WIB. Tiga korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke Puskesmas Sipintuangin (ANTARA/Ist)

BATAMTODAY.COM, Parapat - Kapal Kayu KM Sinar Bangun yang mengangkut 70 penumpang dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dengan Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan, di Medan, Senin, mengatakan Kasat Polair Samosir sedang menuju tempat kejadian perkara (TKP).

Selain itu, menurut dia, Kanit Markas Danau Toba, juga telah melakukan koordinasi dengan Basarnas.

"Tim Basarnas dan personil Unit Markas Danau Toba, dan penyelam telah berangkat dari Pelabuhan Ajibata menuju Tigaras merupakan tempat kejadian dengan menggunakan Kapal Basarnas," kata AKBP MP Nainggolan.

Sebanyak dua orang penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di daerah Perairan Danau Toba, Desa Tigaras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, ditemukan tewas di lokasi kejadian.

Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan, di Medan, Senin malam, mengatakan kedua penumpang yang meninggal dunia itu, berdasarkan laporan yang diterima dari Kapolres Simalungun.

Penumpang yang tewas itu, menurut dia, berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan personil Polres Simalungun, Basarnas, personil Unit Makas Danau Toba, dan regu penyelam.

"Penumpang kapal kayu yang tenggelam itu, masih banyak yang belum ditemukan," kata AKBP MP Nainggolan.

Nainggolan menjelaskan, dua penumpang yang ditemukan tewas itu, belum diketahui identitasnya. "Petugas masih melakukan indentifikasi terhadap kedua penumpang tersebut," kata mantan Kapolres Nias Selatan (Nisel) itu.

Sebanyak 19 penumpang Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara pada Senin berhasil ditemukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara Riyadil Akhir Lubis melalui pesan singkat yang diterima di Medan, Senin malam, mengatakan dari jumlah penumpang yang ditemukan itu, 18 orang ditemukan selamat, sedangkan seorang lainnya meninggal dunia.

Dia mengatakan KMP Sumut 2 berhasil menemukan tiga penumpang KM Sinar Bangun yang seluruhnya dalam kondisi selamat. Sedangkan KMP Sumut 1 menemukan dua penumpang. "Satu selamat, satu lagi meninggal dunia berjenis kelamin perempuan," katanya.

Penumpang yang berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh Ttim KMP Sumut 1 dan KMP Sumut 2 dirawat di puskesmas di pinggiran Danau Toba yang masuk wilayah Kabupaten Simalungun.

Sebanyak 14 penumpang KM Sinar Bangun lainnya ditemukan pengelola Kapal Kayu Cinta Damai, namun kondisinya belum dapat "di-up date".

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha