BI Kepri Siapkan Rp 3 Triliun Uang Baru, Ini Lokasi Penukarannya
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 26-05-2018 | 17:40 WIB
tukar-uang.jpg
Suasana tempat penukaran uang baru di Ruko Mega Legenda 2 Batam Center. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari Raya Idul Fitri tahun ini yang bertepatan dengan tahun 1439 H, Bank Indonesia (BI) Kepri menyiapkan uang baru sebanyak Rp 3 triliun. Sebanyak Rp 99 miliar telah disalurkan hari ini, Sabtu (26/5/2018) di dua tempat, yaitu Ruko Mega Legenda 2 dan Komplek Ruko Botania 2, Batam Center.

Penukaran uang baru itu dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Layanan penukaran uang baru itu tidak hanya dilakukan oleh pegawai BI Kepri saja. Tapi juga oleh pegawai Bank Niaga, Bank Permata, Bank Mandiri Syariah, Bank Riau Kepri, BRI, Bank Jatim Cabang Batam, BNI, dan BTN.

Saat meninjau kegiatan penukaran uang pecahan baru itu di Ruko Mega Legenda 2 Batam Center, Kepala BI Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra kepada BATAMTODAY.COM mengungkapkan, tahun ini pihaknya menyiapkan pecahan uang baru lebih banyak dari tahun lalu. "Tahun lalu hanya Rp 2,2 triliun, tapi tahun ini kita siapkan uang baru Rp 3 triliun," ujarnya.

Peningkatan uang baru yang disiapkan BI Kepri itu bukan sebagai indikasi terjadinya pertumbuhan ekonomi masyarakat Batam. "Karena tahun ini liburnya lebih panjang dari tahun lalu," tambah Gusti Raizal Eka Putra.

Setelah hari ini, jadwal penukaran selanjutnya akan kembali digelar pada hari Sabtu, 2 Juni 2018 mendatang di Parkiran Tiban Food Court Tiban Center dan Parkiran Food Court SP Plaza Batuaji Batam. Waktunya juga sama, dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Di luar jadwal penukaran tersebut, masyarakat dapat melakukan penukaran di bank-bank yang bertanda khusus melayani penukaran uang baru.

"Kami menghimbau masyarakat agar jangan menukarkan uang baru di tempat yang tidak resmi, karena bisa jadi nanti akan dapat uang palsu atau malah jumlahnya dikurangi dari uang yang ditukar," saran Kepala BI Kepri itu lagi.

Editor: Dardani