Dilakukan Usai Shalat Jumat

25 Mei, Hasil UN SMP/MTs di Tanjungpinang Diumumkan
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 22-05-2018 | 19:04 WIB
lulusan-il.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang memastikan pengumuman hasil ujian nasional SMP/MTs di daerah itu dilakukan pada Jumat (25/5/2018).

Kepala Bidang Pendidikan SMP Disdik Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan menyampaikan, pengumuman yang sebelumnya dijadwalkan pada 23 Mei 2018 mengalami kemunduran jadi 25 Mei 2018 lantaran pengiriman hasil UN dari Kementerian mengalami keterlambatan.

"Pengumuman kelulusan akan dilangsungkan sebelum Shalat Jumat. Saat pengumuman, aturannya masih sama, yaitu wajib didampingi wali murid. Dan agar lebih religius, siswa juga diwajibkan melangsungkan Salat Jumat bersama," ungkap Tamrin, Selasa (22/5/2018).

Tamrin menuturkan, kehadiran orang tua dan aktivitas jumatan bersama akan meminimalisir kemungkinan terjadinya konvoi pasca pengumuman nanti.

Untuk diketahui, pengumuman kelulusan yang semula direncanakan berlangsung hari ini (23/5/2018), diundur lantaran keterlambatan pengiriman hasil ujian dari Kementerian.

Hasil ujian baru akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi hari ini, Selasa (22/5/2018). Sehingga hari ini, Pemprov baru akan menyerahkan kepada Pemko dan Pemkab. Pemko baru dapat menyerahkan ke sekolah-sekolah pada Kamis (24/5/2018) besok.

"Di hari yang sama sekolah langsung melakukan rapat untuk penentuan hasil kelulusan anak didiknya," terang Tamrin.

Namun kemunduran hari pengumuman kelulusan, menurutnya memberikan keuntungan sendiri. Dikarenakan para murid yang beragama muslim dapat lengsung mengerjakan ibadah bersama. Sehingga mencegah aktivitas yang negatif.

Sementara itu, terkait hasil kelulusan nanti, dikatakan Tamrin, sekolah tetap menjadi pihak yang bakal memutuskan kelulusan anak didiknya. Namun hasil UNBK, dipastikan menjadi tolok ukur dalam penerimaan siswa baru di tingkat selanjutnya.

"Karena untuk lulus, tentunya sekolah lebih tahu secara keseluruhan. Tapi untuk penerimaan, hasil UNBK jadi salah satu cara seleksi calon murid baru," ujar Tamrin.

Editor: Gokli