Dwi Ria Latifa Berikan Pemahanan Ketahanan Nasional kepada Warga Baloi Indah
Oleh : Romi Chandra
Minggu | 22-04-2018 | 17:32 WIB
dwi_ria_ketahanan.jpg
Anggota Komisi III DPR RI, Dwi Ria Latifa melakukan RDP dengan masyarajat Baloi lndah Kampung Pelita Batam (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi III DPR RI, Dwi Ria Latifa, melakukan kunjungan dan dengar pendapat bersama masyarakat di Baloi lndah Kampung Pelita Batam, Minggu (22/4/2018).

Kunjungan tersebut, juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan ketahanan nasional dengan baik, sesuai tengan temanya, "Membangun ketahanan nasional dengan tata kelola pemerintag menuju tercapainya tujuan nasional".

"Selaku anggota DPR RI yang mewakili daerah Kepulauan Riau, saya memiliki kewajiban mengunjungi nasyarakat untuk mendengarkan pendapat dan memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan ketahan nasional yang tentunya harus melibatkan semua pihak," ungkap Ria.

Ada beberapa hal yang disampaikan, berupa, dalam mencapai tujuan nasional tersebut diperlukan ketahanan nasional yang dikelola dengan baik. "Untuk itu, diperlukan pemerintahan yang baik tata kelola yang baik pula," terangnya.

Disamping itu, sangat penting adanya transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Transparansi pada prinsipnya memberikan akses atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan.

"Apa saja kebebasab informasi itu, mulai dari kebijakan yang dijalankan, proses pembuatannya, bahkan output yang diharapkannya. Transparansi membuka peluang adanya kebijakan yang terbuka bagi pengawasan," lanjutnya.

Guna mencapai tujuan nasional itu jelas Ria, diperlukan kemampuan pemerintah yang dikelola secara baik untuk mengelola sumber-sumber kekuatan nasional yang terdiri dari berbagai aspek kehidupan menjadi ketahanan nasional.

Masyarakat harus mengetahui, kemampuan pemerintah dalam mempertanggungjawabkan segala tindakan dan kebijakan yang ditempuh, menunjukkan kemampuan dalam mengelola dirinya sebagai satu wakil dari masyarakat untuk menjalankan kehendak rakyat dalam iklim negara demokrasi saat ini.

"Hubungan yang baik antara pemerintah dan masyarakat menjadi kunci dalam membangun kekuatan menuju tercapainya cita-cita pembangunan sebagaimana konsensus yang ditetapkan bersama," jelasnya.

Editor: Surya