Saat Isi Ceramah, Mubaligh di Tanjungpinang Boleh Singgung Politik Tapi Jangan Kampanye Paslon
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 19-04-2018 | 19:16 WIB
kakankemenag-tanjungpinang-erwan.jpg
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Erman Zaruddin (Sumber foto: Humas Kemenag Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Erman Zaruddin, menegaskan kepada para mubaligh yang akan mengisi ceramah Ramadhan nantinya boleh menyinggung tentang politik, khususnya pemilihan Wali Kota Tanjungpinang. Namun, dia mewanti-wanti, dan pun menegaskan agar mubaligh benar-benar profesional, bukan malah mengkampanyekan salah satu pasangan calon yang dia dukung.

Menurut Erman, mengisi ceramah dengan mengkombinasikan dengan perihal kekinian, salah satunya politik, itu sangat bagus. Asal tugasnya dijalankan dengan benar, yaitu sebagai pemberi pencerahan kepada masyarakat. Mubaligh bisa membantu panitia pemilu untuk mensosialisasikan tentang Pilkada serta mengajak masyarakat untuk datang ke TPS.

"Yang jelas profesional, jangan malah menyinggung orangnya, tapi singgung politiknya, ajak masyarakat agar memilih dan datang ke TPS," kata Erman saat diwawancarai, Kamis (19/4/2018).

Hal ini akan juga disosialisasikan kepada para mubaligh saat Kemenag melakukan pertemuan dengan mereka dalam waktu dekat ini.

"Kita akan lakukan pendataan mubaligh yang ada, dan sekaligus menyosialisasikan masalah ceramah dan pesta rakyat yang sebentar lagi akan kita lakukan," kata Erman.

"Kita sudah membuat jadwal dan mengatur isi ceramah, jika memang mau menyinggung politik, silakan. Tapi bukannya malah memojokkan atau mengkampanyekan salah satu calon," sambungnya.

Editor: Udin