Potensi Pendapatan Sangat Besar, Lego Jangkar di Kepri Segera Ditertibkan
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 15-03-2018 | 13:51 WIB
menko-luhut-batam1.jpg
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Tinjau lokasi labuh jangkar di Kepri. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengaku pemabahasan tata ruang laut lego jangkar di Kepri sedang diselesaikan bersama gubernur. Ia menilai potensi pendapatan daerah sangat besar.

"Paling penting lego jangkar kapal itu bisa terkendalikan. Sekarang kita lihat ada 17 lokasi lego jangkar. Kita mau tertibkan," ujar Luhut di Batam, Kamis (15/3/2018).

Saat ini pemerintah pusat belum menetapkan tata ruang atau zonasi logo jangkar di Kepri yang kerap menjadi tempat parkir kapal-kapal tanker.

"Masing-masing Kementerian akan terlibat, nanti mereka melihat dan meninjau. Nanti Kamis mendatang dilanjutkan rapat kordinasi," tegasnya.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, dalam peninjauan tersebut. Bertujuan untuk menertibkan semua aktifitas di laut, khususnya pada lego jangkar di Kepri.

"Untuk menertibkan semua aktivitas di laut, khususnya lego jangkar. Banyaknya lokasi lego jangkar Imbasnya akan sulit dalam segi pengawasan. Sediki akan gampang diawasi, sehingga bisa berkontribusi dalam pendapat yang besar bagi daerah," pungkasnya.

Editor: Yudha