Kepala BNPT Sebut Batam Rentan Masuknya Jaringan Teroris
Oleh : Hadli
Kamis | 22-02-2018 | 17:50 WIB
bnpt1.jpg
Komjen Pol Suhardi Alius usai memberikan arahan penanggulangan radikalisme dan terorisme kepada anggota Polda Kepri Di Gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, Batam, Kepulauan Riau, rentan masuknya jaringan teroris, seperti wilayah perbatasan darat di Poso, Sulawesi Tengah.

"Batam, Kepulauan Riau merupakan wilayah yang luas dari daratan sangat rawan masuk jaringan terorisme," ujar Suhardi usai memberikan arahan penanggulangan radikalisme dan terorisme kepada anggota Polda Kepri di Gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri, Rabu (22/2/2018).

Suhardi menambahkan, pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni dapat disusupi para pelaku. Apalagi jumlah personil polisi saat ini masih jauh dari mendukung untuk menjaga gatis pantai yang terbentang luas di Kepri.

"Tidak semua jaringan teroris berangkat melalui Jakarta ke sana (Suriah). Pasti akan terpantau, mereka berangkat dan kembali melalaui daerah lain seperti di Batam dan sebaliknya kembali ke tanah air melalui Batam," ujar dia.

Untuk itu, tambahnya, para personil diharapakan fokus dalam menjaga wilayah dan menjalin hubungan sinergitas antar aparat keamanan dan masyarakat. "Masyarakat sangat berperan membantu aparat untuk melakukan penanggukanagan radikalisme dan terorisme," kata jendral bintang tiga ini.

Arahan yang disampaikannya di Polda Kepri memdeteksi bahaya rakasilasme sekitar kita, termasuk juga penggunaan sosial media. "Jadi informasi yang disampaikan lengkap dari kita," ujar dia.

Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Didid Widjanardi MH dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius MH dalam rangka memberi arahan tentang penanggulangan radikalisme dan terorisme.

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanar mengatakan, sebelumnya juga telah dilaksanakan bedah buku berjudul sosok Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius, buku berjudul 'Integritas di Tengah Kabut Idealisme - Kepemimpinan dan Pembelajaran Hidup Suhardi Alius' diluncurkan pada Sabtu 28 Oktober 2017 karya Dedi Mahardi.

"Figur Komjen Pol Suhardi Alius yang dituangkan ke dalam buku tersebut sangatlah menginspirasi bagi pembaca," ungkapnya.

Kapolda Kepri berharap anggota Polda Kepri dapat menyerap dan menjalankan tugas sebagaimana dari penjelasan Kepala BNPT tentang jati diri seorang polisi dalam langkah penegakan hukum terorisme.

Editor: Saibansah