Tahun Ini, BP Batam Kembangkan Pelabuhan Makobar
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 20-02-2018 | 16:14 WIB
kanpelnasrul1.jpg
Kepala Kantor Pelabuhan Laut (Kanpel) BP Batam, Nasrul. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, melalui Kantor Pelabuhan (Kanpel) akan mengembangkan Pelabuhan Makobar Batuampar termasuk pengadaan landing craft tank (LCT).

Kepala Kantor Pelabuhan BP Batam, Nasrul Amri mengatakan, untuk pengembangan pelabuhan Makobar akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 sampai Rp 3 miliar.

"Kita ingin ada landing craft tank untuk mendaratkan logistik. Batam belum punya, itu kita belum memiliki. Saya kira Rp 2 miliar cukup," ujar Nasrul kemarin di kantornya.

Pelabuhan Makobar Batuampar, seharusnya memiliki spesialis. Pelabuhan yang bersebelahan dengan pelabuhan kontainer Batuampar itu harus memiliki kekhususan. Sehingga perlu menaikkan standarisasi pelabuhan.

Ia mengatakan peruntukan pelabuhan Makobar tetap seperti saat ini, sebagai pelabuhan untuk logistik. Termaksud untuk logistik properti. Tapi untuk memaksimalkan fungsinya, maka harus pembenahan pelabuhan, termaksud fasilitas yang ada.

"Kapal besar harus bisa sandar disana. Makobar itu daerah teluk, jadi ombak tidak besar. Sehingga sangat berpotensi," katanya.

?Sehingga, aktivitas bongkar muat barang lebih maksimal dan memadai. Makobar benar-benar diharapkan bisa maksimal untuk menampung aktivitas kapal logistik yang bersandar.

"Ini sangat diperlukan, mudah-mudahan tahun ini tender. Karena satu minggu yang lalu, ada kapal pengangkut granit dan material bangunan dari Tanjungpinang, hampir tenggelam di perairan Kabil, karena ombak," pungkasnya.

Editor: Yudha