Mendagri Sebut 97,6 Persen Penduduk Indonesia Sudah Rekam e-KTP
Oleh : Irawan
Minggu | 11-02-2018 | 10:30 WIB
Tjahjo_mendagri4.JPG
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, sebanyak 97,6 persen penduduk Indonesia sudah melakukan perekaman KTP elektronik atau e-KTP.

Tjahjo mengatakan jumlah blanko pencetakan e-KTP saat ini cukup sehingga proses selanjutnya tak akan terkendala.

"Per hari ini sudah 97,6 persen perekaman e-KTP. (Warga yang belum merekam data e-KTP) Sisanya itu masih ada di luar negeri, mungkin karena ada kesibukan, mungkin masyarakat belum mau merekam. Yang penting blankonya siap," jelas Tjahjo usai menghadiri acara 'Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas' di Hotel Royal Kuningan, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

"(Blanko) nggak ada masalah. Secara nasional masalah blanko, siap. Siap semua, hanya saja merekam itu nggak bisa serentak 10 orang. Harus satu-satu," imbuh Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi lewat kedutaan besar untuk mengajak warga Indonesia yang berada di luar negeri bersedia merekam data e-KTP.

"(Untuk WNI di luar negeri yang belum punya e-KTP) Terus kita kampanyekan, kita tetap sosialisasi kan lewat KBRI-KBRI," ungkap Mendagri.

Editor: Surya