Ini Janji Bupati Karimun untuk Para Guru TPQ Peserta Uji Kompetensi
Oleh : Freddy
Senin | 22-01-2018 | 08:26 WIB
bupati-rafiq-kompetensi-guru.jpg
Bupati Karimun bersama para pengurus BMPG TPQ Kabupaten Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi pelaksanaan uji kompetensi guru TPQ se- Kabupaten Karimun, Minggu (21/1/2018).

Uji kompetensi guru TPQ yang dilaksanakan oleh Badan Musyawarah Pendidikan Guru (BMPG) TPQ di ruang Darul Nazwah Mesjid Agung Karimun ini akan berlangsung hingga bulan Oktober 2018 mendatang.

Aunur Rafiq mengatakan, dirinya merasa senang karena kegiatan uji kompetensi guru TPQ dihadiri ratusan orang, meskipun yang akan mengikuti ujian pada hari ini hanya sebanyak 80 orang. "Saya sangat menyambut baik, kegiatan uji kompetensi yang dilaksanakan oleh pengurus BMPG TPQ Kabupaten Karimum," ujarnya.

Menurutnya, uji kompetensi ini perlu dilakukan, mengingat dengan adanya uji kompetensi ini akan ada standar yang dimiliki seorang guru TPQ.

Dengan mengikuti uji kompetensi, setiap guru TPQ akan dapat mengetahui kekurangan yang ada pada dirinya dan kedepannya agar lebih baik lagi. Karena itu, Aunur Rafiq berharap agar seluruh guru TPQ di Kabupaten Karimun ini dapat mengikuti uji kompetensi dan jangan takut tak lulus.

"Kalau sekali tak lulus, jangan sampai lemah semangat, bisa mengulang lagi dan pada uji kompetensi selanjutnya kemungkinan akan lulus," kata Aunur Rafiq memotivasi.

Aunur Rafiq menjanjikan bagi peserta uji kompetensi yang masuk sepuluh besar dengan nilai tertinggi akan diberikan reward dalam bentuk bonus gaji sebulan.

Sementara itu, Ketua BMPG TPQ Kabupaten Karimun, Ustad Zaini, S.Kom mengatakan, uji kompetensi ini perlu dilakukan pada guru TPQ, soalnya seluruh guru TPQ harus mengacu pada kurikulum TPQ.

Menurutnya, seorang guru TPQ bukan hanya mengajarkan iqra saja dan langsung pulang, tetapi dia juga harus bisa memahami pengetahuan lainnya sesuai standar kurikulum guru TPQ.

"Pada awalnya memang banyak yang protes dengan kegiatan uji kompetensi guru TPQ ini, tetapi sebagai guru TPQ, mereka harus mengikuti kurikulum," tegas Zaini.

Dijelaskan Zaini, dari uji kompetensi ini dapat dievaluasi, apa saja kelemahan guru mengaji di TPQ dan kelemahannya akan diberikan pembinaan.

Dijelaskan Zaini, sekarang ini ada sebanyak 332 TPQ SE Kabupaten Karimun dan tim BMPG-TPQ Kabupaten Karimun akan melakukan kunjungan keseluruh TPQ yang ada di Kabupaten Karimun tersebut.

Ketua Tim Uji Kompetensi, H.Sudarman menjelaskan, materi yang diujikan terdiri dari enam bidang pendidikan yakni
1. Alquran dan tajwit, 2. Bacaan ghorib shalat, 3. Surat pendek, 4. Doa harian, 5. Pengetahuan ilmu agama, 6. Micro teaching (praktek mengajar).

Keseluruhan materi yang diujikan sesuai kurikulum TPQ Kabupaten Karimun tahun 2007. Sementara untuk tim penguji dibagi menjadi 2 tim ,yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang penguji.

Uji kompetensi ini akan dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu dan dimulai dari jam 7.30 wib sampai 16.00. "Untuk angka kelulusan, tim penguji sudah punya standar kelulusan yakni setiap materi yang diuji minimal harus angka 6,50, " kata Sudarman menegaskan.

Editor: Dardani