Digelar di 34 Provinsi

Final Liga Pekerja Indonesia Digelar pada Peringatan May Day
Oleh : CR-17
Sabtu | 20-01-2018 | 19:14 WIB
LPI-kepri.jpg
Menaker RI, Hanif Dhaikiri dan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun berfoto bersama Tim Batamindo FC dan PS Citra Mas Batam (Foto: CR-17)

BATAMTODAY.COM, Batam - Liga Pekerja Indonesia (LPI) 2018 untuk zona Kepulauan Riau resmi digelar di Stadion Citra Mas, Kabil, Batam. LPI untuk zona Kepri, yang secara resmi dibuka oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pada Sabtu (20/01/2018), diikuti 8 tim yang mewakili masing-masing kawasan industri di Kepulauan Riau.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Hanif Dhaikiri, berharap dengan adanya kompetisi yang digelar di 34 Provinsi ini menjadi wahana membangkitkan semangat kebersamaan, antarpekerja dan meningkatkan kualitas industrial.

"Jadi tim yang mewakili perusahaan atau kawasan industri ini, tentu ke depannya bisa menjadi ajang silaturahmi antara pekerja dengan pengusaha atau pemodal asing, tempat mereka bekerja. Hal ini tentunya semakin membangun aura positif, dalam meningkatkan kualitas para pekerja itu sendiri," ungkapnya.

Bahkan ia berharap agar Liga Pekerja Indonesia ini dapat melahirkan atlet bola Nasional seperti yang pernah terjadi pada Liga Sepakbola Karyawan (Galakarya).

"Selain memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan, saya berharap LPI melahirkan atlet bola potensial dari kalangan pekerja," katanya.

Hanif menambahkan, adanya Liga Pekerja Indonesia ini sendiri terinspirasi dari Galakarya yang pernah populer di era 1970-an dan 1980-an. Galakarya sendiri bahkan melahirkan beberapa nama besar atlet sepakbola Nasional seperti Ronny Pattinasarani, Rully Nere, Anjas Asmara dan Andi Lala.

"Kompetisi ini sendiri sebenarnya sudah kita laksanakan dari tahun 2017, kala itu hal ini pernah digagas oleh Menaker sebelumnya Pak Muhaimin Iskandar," lanjutnya.

LPI ini sendiri juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat, melalui olahraga khususnya sepak bola.

Pihak Kemeterian sendiri sudah menjadwalkan, untuk final Liga Pekerja Indonesia ini sendiri akan dilakukan di Jakarta tepat di hari peringatan buruh Internasional atau May Day.

"Diadakan serentak di 34 Provinsi dan terbagi dalam 8 zona, finalnya akan kita laksanakan nanti di Jakarta dan akan memperebutkan piala bergilir Presiden RI," tuturnya.

Sebelumnya, LPI pertama sekali dilaksanakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada tahun 2017 lalu. Liga Pekerja Indonesia ini sendiri, digelar di 34 Provinsi dan diikuti maksimal 16 tim dari setiap Provinsi.

Juara dari masing-masing provinsi, nantinya akan kembali memperebutkan juara pertama untuk di zona regional. Kemudian juara zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional dan selanjutnya ke babak semifinal dan final yang akan digelar sempena peringatan May Day di Jakarta.

Editor: Udin