Imigrasi Batam Jemput Bola dalam Pembuatan Paspor
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 13-01-2018 | 13:38 WIB
paspor-mall1.gif
Foto unit layanan pasport di Kepri Mall dipadati pemohon. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa perubahan terjadi setelah kepimpinan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto. Kini tidak ada lagi antrian pembuatan paspor di kantor Imigrasi, Batam Center.

Karena Lucky membuka Unit Layanan Paspor di Mall Harbourbay, Desember 2017 lalu. Serta melayani permohonan pasport baru maupun pergantian e-paspor (paspor elektronik), di lantai I Kepri Mall, Batam Center sejak 16 Desember 2017 dalam rangka hari jadi Imigrasi ke-68 tahun.

"Kami sekarang sifatnya jemput bola, melayani masyarakat sebaik mungkin. Layanan di Kepri Mall Sabtu dan Minggu. Jadi masyarakat yang tidak sempat pengurus dihari kerja bisa ke sana (Kepri Mall). Tapi itu hanya sampai 21 Januari 2018," ujar Lucky Sabtu (13/1/2018) siang.

Membuka unit layanan pasport tidak lain karena antusias masyarakat sangat tinggi. Dalam satu hari lebih dari 300 pemohon mendaftar untuk membuat paspor di Batam. Sementara kuota Imigrasi Batam Center hanya bisa menampung 275 orang.

Dengan adanya layanan di Harbourbay, Kepri Mall dan Mall Layanan Publik (MPP) bisa menampung jumlah pemohon yang tidak tertampung di kantor Imigrasi Batam center.

Harborurbay Imigrasi bisa melayani 50-60 permohonan baru maupun pergantian pasport, sementara di Kepri Mall Imigrasi bisa menerima 50 berkas pemohon.

Untuk di MPP, Imigrasi hanya bisa menampung 20-25 berkas pemohon. "Intinya kami akan terus memudahkan masyarakat dalam pengurusan pasport, tidak perlu datang jauh-jauh ke Kantor Imigrasi Batam Center. Cukup datang ke layanan yang sudah ditentukan," katanya.

Bahkan tidak hanya membuka layanan pasport di berbagai tempat, Imigrasi juga memberikan kebijakan menjemput bola ke instansi terkait, sekolah, rumah warga, dan perusahan di Batam.

"Kami juga jemput bola ke Hotel, dan ini sudah banyak yang memanfaatkan. Untuk warga jangan lagi urus pasport lewat calon atau perantara, karena sudah dimudahkan," pungkasnya.

Editor: Yudha