DPR Kecewa Pemerintah Impor Beras dari Vietnam dan Thailand
Oleh : Irawan
Sabtu | 13-01-2018 | 08:26 WIB
firman_subagyo3.jpg
Anggota Komisi IV DPR Firman Subagyo dari Fraksi Partai Golkar

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo mengatakan, petani dan nelayan kecewa atas kebijakan pemerintah yang belum berpihak kepada rakyat. Di antaranya adalah kebijakan pemerintah mengimpor beras dari Vietnam dan Thailand.

"Petani Jawa Tengah kecewa atas kebijakan pemerintah yang tetap akan melakukan impor beras dari Thailand dan Vietnam, hal ini semakin mengecewakan masyarakat. khususnya petani Jawa Tengah karena pemerintah tidak konsisten terhadap pernyataannya bahwa Indonesia tidak akan impor beras," ujar Firman dalam siaran persnya yang diterima, Kamis 12 November 2015.

Dia mengungkapkan, fakta menunjukan stok beras nasional masih mencukupi sebesar 1,4 juta ton sesuai jawaban Kementerian Pertanian. "Saya konfirmasi tadi malam dan sekarang wilayah Lampung disampaikan bahwa sudah mulai panen dan data BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa beras nasional masih cukup dapat dipertanggung jawabakan," kata Firman.

Dia mengaku bingung, jika ada pihak yang menyatakan bahwa data BPS tidak dapat dipertanggung jawabkan dan tidak dapat dipercaya, maka kepada data siapa lagi harus percaya.

"Apakah kita harus percaya kepada data mafia impor beras? Oleh karena itu Kemendag harus membuat kebijakan yang pro-petani," kata mantan Wakil Ketua Komisi IV dari Fraksi Partai Golkar ini.

"Kenapa terkesan ada pihak-pihak yang ngotot impor, ada kepentingan apa? jangan-jangan yang ngotot impor adalah bagian dari mafia importir beras," tutup Firman.

Editor: Surya