Target Pemkab Sampai 70 Tititk

Tahun Depan, Kominfo Kembali Bagun 32 Vsat di Kabupaten Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 21-12-2017 | 10:38 WIB
Vsat-di-Anambas.jpg
Satu dari 12 Vsat yang sudah terbagun di Kabupaten Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bangun 44 titik stasiun penerima sinyal (vsat) di Kabupaten Kepulauan Anambas. Vsat tersebut untuk mendukung pendidikan, pelayanan kesehatan dan pemerintahan.

"Kemenkominfo bersama Lintas Arta (rekanan) sudah melakukan survei ke lapangan. Dan terdata ada 44 titik yang layak dibangun Vsat untuk mendukung internet di bidang pendidikan (sekolah), kesehatan (Puskesmas) dan pemerintahan (Kecamatan)," ujar Kepala Dinas Kominfo Anambas, Jeprizal, Kamis (21/12/2017).

Jeprizal menambahkan, Kemenkominfo sudah membangun 12 titik Vsat dengan kapasitas 2 Mega Byte. Menurutnya, Pemkab turut membantu Kemenkominfo untuk meninjau wilayah yang blank spot.

"Daerah prioritas yakni wilayah yang benar-benar tidak ada jaringan. Bahkan dari 12 Vsat yang dibangun, masyarakat sudah mengaku lebih baik. Meski tidak ada jaringan telekomunikasi, tetapi internet berjalan. 32 titik Vsat ini akan kembali dibangun pada tahun 2018 mendatang,"jelasnya.

Jep menyayangkan, sejumlah wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas belum didukung jaringan listrik. Hal tersebut menjadi kendala utama pembangunan Vsat.

"Sewa sudah dibayar oleh Kemenkominfo per tahun. Kalau tak dipakai, kita yang rugi. Sudah dibayar, tetapi tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Kami sudah berkoordinasi dengan PLN untuk mendukung program ini, tetapi belum ada arah yang jelas," tegasnya.

Ia juga menyinggung, pada tahun 2016 lalu Diskominfo Anambas sudah mengusulkan pembangunan Vsat sebanyak 70 titik. "Namun yang baru diakomodir baru 44 titik. Ini sudah mencapai 50 persen lebih. Dan tahun 2018 kami juga akan mengusulkan kembali wilayah yang masih blank spot," tutupnya.

Editor: Gokli?