Imigrasi Batam Kini Miliki Unit Layanan Baru

Buat Paspor, Masyarakat Batam Kini Bisa ke Kawasan Harbour Bay Batuampar
Oleh : CR-17
Jumat | 15-12-2017 | 10:02 WIB
Resmikan-ULP-Imigrasi-Harbour-Bay.jpg
Cucu Koswala melakukan pelepasan balon sebagai tanda diresmikannya ULP Harbour Bay (Foto: CR-17)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Imigrasi Kelas I Batam, kini telah memiliki kantor Unit Pelayanan Paspor (ULP) guna menjawab keresahan masyarakat dalam pembuatan dan antrean pasport yang terkesan lama.

Berada di kawasan Harbour Bay Batuampar Batam, kantor ULP ini diresmikan langsung Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Ditjen Imigrasi, Cucu Koswala.

Selain Batam, Ditjen Imigrasi juga sebelumnya telah meresmikan ULP lainnya yang berada di Yogyakarta, Surakarta, dan Rantau Parapat.

Cucu Koswala menjelaskan, peresmian ULP ini merupakan hasil alokasi anggaran Direktorat Jenderal Imigrasi tahun 2017, yang dikelola masing-masing Kantor Imigrasi yang membawahi.

"Selain itu, tujuan dibangunnya ULP ini di Kota Batam, selain efisiensi waktu dan anggaran juga dimaksudkan agar program peningkatan pelayanan keimigrasian dapat tersosialisasi dengan baik ke masyarakat," ujarnya.

"Tidak hanya itu, hadirnya ULP ini juga membantu masyarakat Kota Batam dan petugas dalam menghadapi antrean panjang yang biasanya terlihat di Kantor Imigrasi Batam Center," lanjutnya.

Ia menjelaskan di ULP Harbour Bay ini, tidak hanya melayani perpanjangan paspor, tapi juga untuk pembuatan paspor baru.

"Semakin banyak pilihan masyarakat Batam, selain nantinya ada juga kantor pelayanan Imigrasi di Mall Pelayanan Publik," jelasnya

Ia juga kembali mengingatkan agar setiap petugas Imigrasi, bersiap menghadapi tantangan global dan perubahan yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Tugas Direktorat Jenderal Imigrasi semakin hari tidaklah mudah, menyeimbangkan keamanan Negara dan membantu peningkatan investasi dalam satu wadah. Bukanlah hal yang gampang untuk dibayangkan atau diperbincangkan," tambahnya.

Cucu Koswala menambahkan, ada tiga hal penting yang menjadi fokus Presiden dalam menyikapi perubahan global.

"Presiden saat ini fokus terhadap pembangunan infrastruktur, peningkatan sumber daya manusia, dan simplikasi regulasi," paparnya.

"Bagaimana posisi imigrasi terhadap tiga fokus presideb tersebut? Tentu harus menyelaraskan dan mengharmonisasikan setiap kebijakan yang akan diambil sehingga mampu mendukung kebijakan pemerintah tersebut," tutupnya.

Editor: Udin