Siap-siap, Menpan-RB Pastikan Penerimaan CPNS Kabupaten/Kota 2018
Oleh : CR-17
Kamis | 23-11-2017 | 16:26 WIB
Asman-Abnur-Batam11.gif
Menpan-RB Asman Abnur di Batam Tourism Polytechnic. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin bekerja sebagai PNS karena tahun 2018 pemerintah akan membuka pendaftaran PNS daerah di Kabupan/Kota.

"Yang kita buka nanti penerimaan PNS baru, pendaftaraan dibuka tahun 2018," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB), Asman Abnur di Batam Tourism Polytechnic, Kamis (23/11/2017).

Namun ia mengaku belum mengetahui secara persis berapa kuota yang dibutuhkan. Pasalnya, saat ini masih dalam proses perhitungan di Kementerian. Penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan Bupati dan Gubernur sesuai dengan bidang dan kompetensi yang diperlukan.

"Penerimaan di fokuskan untuk kota, kabupaten, lembaga, dan provinsi. Kuota untuk masing masing Kabupaten/Kota ini nantinya, juga akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara," terangnya.

Asman kembali mengingatkan, bahwa sistem pendaftaran CPNS saat ini sudah dilakukan secara online. "Yang dapat membantu masing-masing peserta hingga lulus hanyalah kemampuan nya. Tes dan penerimaan dilakukan secara terbuka," ungkapnya.

Menurutnya, dengan sistem online tersebut semakin menyulitkan tiap langkah praktek calo, maupun adanya pejabat pemerintahan yang mencoba untuk berbuat curang.

Tahapan seleksi CPNS 2018 akan dimulai setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang II tahun 2017 selesai dilaksanakan. Namun, Asman sendiri berharap agar perekrutan CPNS daerah ini dilakukan secepatnya.

Editor: Yudha