Mall Pelayanan Publik Diresmikan 5 Desember

Semua Pelayanan Perizinan di Batam Dipusatkan di Gedung SPC
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 04-11-2017 | 11:02 WIB
spc-batam1.jpg
Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC), Batam Centre, Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, akan memindahkan semua pelayanan PTSP BP ke Mall Pelayanan Publik. Pelayanannya dipindahkan dari lantai 3 ke lantai 1, Gedung Sumatera Promotion Centre (SPC), tempat mall Pelayanan Publik.

Rencana itu diungkapkan Kasubdit Pelayanan dan Penanaman Modal PTSP BP Batam, Adi Sugiarto. "Semua pelayanan dipindah ke lantai 1, tempat mall pelayanan publik. Ada lahan, fatwan dan penanamana modal. Kemarin sudah laporan ke pimpian," ujarnya, Sabtu (4/11/2017).

Adi mengatakan direncanakan, pekan depan, akan melakukan pertemuan dengan perwakilan Pemprov Kepri dan Pemko Batam, terkait dengan tindaklanjut Mal Pelayanan publik. "Arahan pimpinan, minggu depan pertemuannya. Memang, cuma pindah lokasi. Tidak ada ada perubahan (signifikan). Dari lantai 3 ke lantai 1," katanya.

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengatakan jika BP dan Pemko akan berintegrasi dalam ?Mall Pelayanan, yang direncanakan diresmikan Presiden 5 Desember 2017. "Deputi 5, yang terkait pelayanan publik, akan duduk bersama dengan dinas terkait di Pemerintah Kota Batam," ujar Lukita.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi pun meminta sistem yang ada saat ini harus ditingkatkan. Ke depan sistem pelayanan dijadikan satu, di mana saat ini sistem masing-masing instansi dan bersifat parsial, termasuk pendataan yang disebut masih manual.

"Sekarang masih masing-masing. Dinas pendapatan sendiri. Ke depan semua harus satu. Sistem sudah disiapkan, Gustian (Kadis PTSP Pemko), tinggal cunkan," katanya.

Rudi mengungkapkan informasi terkait Mall Pelayanan di Batam akan dipimpin pejabat dari Pemerintah Pusat. Awalnya disebutkan jika Mal Pelayanan akan di bawah Pemko Batam. Namun pelayanan perijinan dijalankan masing-masing institusi.

"Mal pelayanan nanti bukan dipimpin Kepala BP, bukan dari Wali Kota, tetapi dipimpin dari pusat. Jadi Pemko hanya menyiapkan tempatnya," pungkasnya.

Editor: Gokli