Pilkades Serentak di Anambas Kembali Molor, Abdul Haris Berang
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 18-10-2017 | 11:14 WIB
AB-H.jpg
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 20 desa di Anambas dipastikan molor lagi. Pasalnya, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) Kabupaten Kepulauan Anambas belum matang dalam proses persiapan Pilkades serentak itu.

"Saat ini kami mempersiapkan progres Pilkades serentak serta menunggu pembentukan panitia pilkades. Pilkades serentak ini ditargetkan pada November mendatang dan pelantikan Kepala Desa terpilih dilakukan Desember 2017. Jadi tahun 2018 desa sudah dijabat Kepala Desa defenitif,"ujar Kepala Dinsos P3APMD Anambas, Yendi, Rabu (18/10/2017).

Sementara, Camat Palmatak, Raja Almijan mengatakan pihaknya sudah mendapat kabar bahwa pelaksanaan Pilkades serentak akan diundur.

"Harapan kami, Pilkades khusus Palmatak jangan diundur. Karena desa yang dapat giliran sudah siap melaksanakan Pilkades. Kami resah juga mendengar kabar ada pengunduran Pilkades ini," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris berang. Pasalnya, Haris jauh-jauh hari sudah memerintahkan Dinsos agar melaksanakan Pilkades serentak pada Oktober 2017.

"Dari awal tahun kami sudah menargetkan Pilkades pada Oktober ini, tetapi mundur lagi. Sementara regulasi Pilkades serentak sudah selesai, anggaran untuk pelaksanaan sudah dialokasikan Rp 20 Juta perdesa. Target ini jangan melenceng lagi, dan tahun 2018 kita juga ada pelaksanaan pilkades untuk 20 desa lagi. Jadi dinas terkait harus serius menangani ini," tegasnya.

Sebelumnya, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Awalludin menguraikan, 20 Desa yang mengikuti Pilkades Serentak berasal dari 6 Kecamatan. Dan 19 desa diantaranya sedang dijabat oleh Pejabat Sementara (Pjs).

"Yang menyelenggarakan Pilkades Serentak adalah, Desa Impol, Mampok, Air Biru, Keramut, Rewak dan Sunggak di Kecamatan Jemaja. Desa Kuala Maras, Ulu Maras, Genting Pulur, Desa Bukit Padi di Kecamatan Jemaja Timur. Desa Bayat, Langir, Mubur, dan Desa Piabung di Kecamatan Palmatak. Desa Telaga Kecil, Lingai, Telaga Besar, dan Kiabu Kecamatan Siantan Selatan. Desa Teluk Siantan Kecamatan Siantan Tengah, serta Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur," urainya.

Editor: Gokli