Tahun 2017, Disdukcapil Anambas Targetkan Cetak 3 Ribu KIA
Oleh : Alfreddy Silalahi
Kamis | 05-10-2017 | 15:50 WIB
KIA-Anak11.gif
Kartu Identitas Anak. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan cetak 3 ribu Kartu Identitas Anak (KIA). Khusus anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK) belum bisa dibuatkan.

"Untuk anak yang masih menduduki TK belum bisa dibuatkan KIA. Tetapi untuk mengubah peraturan itu butuh proses dan waktu. Jadi tahun ini kami target pencetakan 3 ribu KIA," ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Pencatatan Sipil, Disdukcapil Anambas, Agus Riadi, Kamis (5/10/2017).

Agus menguraikan, saat ini pihaknya sudah mencetak 600 KIA dan target 3 ribu KIA akan rampung hingga November 2017 mendatang. ?Dan untuk syarat pengajuan KIA yakni akte kelahiran.

"Untuk tahun ini kami target 3 ribu KIA saja. Nanti akan ditingkatkan, sehingga seluruh anak mendapat perlindungan hukum. KIA ini akan menjadi syarat untuk mendaftar ke sekolah, dan yang lebih gampang adalah ketika sudah berumur 17 tahun untuk membuat KTP cukup menunjukkan KIA," terangnya.

Langkah sosialisasi, lanjut Agus, telah dilakukan langsung ke sekolah-sekolah dan membuat surat edaran ke desa-desa. "Sosialisasi sudah dilakukan, jadi kami akan menunggu masyarakat datang untuk mengurus pencetakan KIA," harapnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menghimbau masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan. "Kami menghimbau masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan. Seperti akte kelahiran KIA maupun KTP. Kedepan KIA juga akan dibutuhkan untuk mendaftar ke sekolah," himbaunya belum lama ini.

Editor: Yudha