Kabar Gembira, Tiap Hari Express Air Layani Penerbangan Tanjungpinang - Anambas
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 22-08-2017 | 14:14 WIB
Express-Air1.gif
Express Air. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berharap keluhan masyarakat atas minimnya transportasi dapat diatasi dengan perlahan. Pasalnya, saat ini pesawat komersil Express Air melayani penerbangan dari Tanjungpinang - Anambas setiap hari.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman mengatakan penerbangan ini terwujud berkat kerjasama pemerintah pusat dan daerah dengan perusahaan migas di Anambas.

"Perusahaan migas memberikan 12 slot untuk melayani rute Tanjungpinang - Matak. Dan ini berlaku sejak 18 Agustus kemarin. Dimana sebelumnya jadwal penerbangan Express Air hanya dua kali dalam seminggu yakni Senin dan Sabtu kini jadi setiap hari," ujar Nurman, Selasa (22/8/2017).

Nurman mengakui 12 slot yamg diberikan oleh perusahaan baru terpenuhi 6 slot. Menurutnya, hal tersebut sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. "Mudah-mudahan hal ini mendukung keluhan masyarakat yang mengeluhkan minimnya transportasi. Tetapi ini secara perlahan, karena butuh waktu dan proses," tambah Nurman.

Dia juga menyinggung untuk harga tiket Tanjungpinang - Matak atau sebaliknya berada pada angka Rp 980 ribu, dengan tempo penerbangan berkisar 55 menit. Hal ini terjadi penurunan karena round Express Air pindah ke Tanjungpinang.

"Sebelumnya tiket tembus hingga Rp 1,4 juta. Justru lebih murah ketika pesawat itu pindah round ke Tanjungpinang. Sebelumnya round Express Air di Pekan baru, sehingga harga tiket sangat mahal," terangnya.

Sementara salah satu agen tiket, M Delta mengakui bertambahnya jadwal penerbangan express air diyakinkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Anambas.

"Untuk saat ini belum begitu ramai penumpang pesawat. Tetapi saya yakin, secara perlahan, pariwisata Anambas akan semakin maju dengan adanya penambahan jadwal pesawat ini," harap Delta.

Editor: Yudha