Kapal Bukit Raya Rute Anambas Over Kapasitas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 11-07-2016 | 08:12 WIB
arusbalikdianambasbyfredy.jpg

Para penumpang arus balik saat turun di Pelabuhan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Arus balik menggunakan kapal Pelni KM Bukit Raya di rute Kijang Bintan-Tarempa Anambas-Ranai Natuna-Pontianak, didominasi oleh penumpang asal Tarempa. Dari 1.515 jumlah penumpang KM Bukit Raya, 800 penumpang turun di Pelabuhan Tarempa.

Perwakilan Managemen PT Pelni di Anambas, Ichsan Lubis mengatakan, ‎hal tersebut merupakan puncaknya arus balik pasca merayakan Hari Raya Idul Fitri.

"Ini adalah puncaknya arus balik ke Anambas, karena penumpang Bukit Raya asal Anambas berkisar 800. Mungkin karena besok Pemkab Anambas sudah kembali ngantor," katanya, Minggu (10/7/2016).

‎Dia pun mengakui, jumlah tersebut telah melampaui batas. Pasalnya, kapasitas sheat KM Bukit Raya hanya 970, namun jumlah penumpang mencapai 1.515.

Bahkan, para penumpang banyak yang nyambung dengan membeli tiket Tanjungpinang-Tarempa. Dan di Tarempa kembali membeli tiket, baik ke Natuna maupun ke Pontianak untuk melanjutkan perjalanan.

"Karena pemudik melonjak syahbandar mengizinkan Bukit Raya untuk membawa penumpang itu semua. Kapten bergantung pada keputusan syahbandar. Kalau syahbandar menandatangi surat berlayar, kapal itu akan berlayar. Kalau mengikuti KSOP, penumpang banyak yang tidak naik," terangnya.

Editor: Dardani