Nama Anggota Dewan dan Kepala Desa Anambas Dicatut Dukung Kehadiran PT KJJ
Oleh : Alfredi Silalahi
Rabu | 29-06-2016 | 17:38 WIB
sosok-ilustrasi.jpg

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Masuknya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai pendukung hadirnya PT Kartika Jemaja Jaya (KJJ), yang ingin membuka perkebunan karet 3.605 hektare di Pulau Jemaja, menjadi polemik.

Pasalnya, anggota Komisi II DPRD Anambas,‎ Yusli YS, yang diajak untuk melihat keabsahan izin di Pemerintah Pusat, dimasukkan sebagai pendukung tanpa sepengetahuannya. Yusli pun geram ketika namanya terdaftar sebagai pendukung kehadiran PT KJJ. Hal tersebut membuat dirinya gelisah. Apalagi setelah masyarakat menuding dirinya ada hubungan dengan PT KJJ.

"Pada tanggal 16-17 Mei lalu, saya kebetulan lagi berada di luar kota. Ketika perwakilan forum ‎komunikasi pembangunan Jemaja Timur tiba di Jakarta, Pak Ketua (DPRD) menelepon saya, dengan perintah untuk melihat keabsahan izin PT KJJ di kementerian. Dan di situ tidak hanya saya, ada juga Pak Wakil Ketua (DPRD) sehingga saya mau ikut melihat keabsahan izin itu. Dan Pak Ketua menyebut, hal tersebut mengatasnamakan lembaga, bukan pribadi sebagai pendukung," terangnya, Rabu (29/06/2016).

Kesannya, tambah Yusli pihak forum semena-mena melakukan data sebagai pendukung kehadiran PT KJJ. Menurutnya,bukti yang ditunjukkan oleh forum tersebut, merupakan daftar hadir ketika melihat keabsahan izin PT KJJ di kementerian.

Dia menambahkan,hingga saat ini DPRD belum menentukan sikap terhadap kehadiran PT KJJ.

"Untuk saat ini, lembaga legislatif belum menentukan sikap terhadap kehadiran PT KJJ.‎ Justru kami meminta penjelasan dari pihak forum maupun PT KJJ, kami ingin dengar langsung pemaparan itu. Jangan sembarangan menulis nama seseorang sebagai pendukung," tegasnya.

Expand