Aliansi Wartawan Anambas Beri Pengetahuan Jurnalistik kepada Siswa SMAN 1 Siantan
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 25-09-2018 | 12:28 WIB
jurnalistik-sman1-1.jpg
Pelatihan jurnalistik terhadap siswa SMAN 1 Siantan Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Aliansi Wartawan Anambas perkenalkan dunia jurnalistik kepada siswa-siswi SMAN 1 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas dengan tujuan untuk meningkatkan semangat awal kepada siswa mengenai kebenaran informasi.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh West Natuna Consortium yang terdiri dari Star Energy, Premier Oil, dan Medco Energy.

"Zaman sekarang ini kita semakin mudah mendapatkan informasi melalui media sosial. Tetapi banyak juga kejadian sembarangan 'share' informasi-informasi hoaks. Ini yang perlu dipelajari dengan bijak dan jangan termakan isu agar tidak mudah diprovokasi," kata salah satu perwakilan Aliansi Wartawan Anambas, Asril Masbah kepada siswa-siswi SMAN 1 Siantan, Selasa (25/9/2018).

Asril menguraikan, jurnalistik merupakan kegiatan untuk menyampaikan informasi. Sementara jurnalis itu merupakan pelaku mengolah informasi yamg memiliki narasumber yang jelas.

"Menulis berita itu tak sama dengan menulis cerpen atau karangan atau surat. Menulis berita itu juga harus dirunut sesuai informasi yang diterima dari narasumber. Dan jangan lupa menggunakan asas praduga. Jurnalis itu tidak bisa menuduh atau sentimen serta menerapkan 5w+1h," jelasnya.

Perwakilan West Natuna Consortium, Ratih Indra dari Premier Oil sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, ilmu yang diberikan yakni pengetahuan umum untuk menulis dan menggali informasi.

"Ini merupakan motivasi yang dikenalkan kepada siswa-siswi SMAN 1 Siantan. Barangkali pengetahuan umum ini tidak ada tertera dalam buku pelajaran. Kami di sini ingin membagi keterampilan menulis," ujarnya.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Siantan, Edi Lendra mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia juga mengimbau siswa agar mengikuti kegiatan yang digagas oleh Aliansi Wartawan Anambas dan West Natuna Consortium dengan diiringi niat. "Hari ini kita belajar pengetahuan umum, semoga ini menjadi motivasi bagi siswa-siswi," harapnya.

Kegiatan tersebut juga disejalankan dengan sosialisasi keselamatan nelayan serta dilanjutkan dengan lomba menulis. Lomba menulis dan sosialisasi ini pun sebelumnya, Senin (24/9/2018) sudah diselenggarakan di SMAN 1 Palmatak, dan terkahir diselenggarakan di SMAN 1 Siantan Timur, Rabu (26/9/2018).

Editor: Yudha