Telan Anggaran RP 129 Miliar

Pemkab Anambas Minta Batuan Pemprov Bangun Jalan Selayang Pandang II
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 14-08-2018 | 08:52 WIB
jalan-anambas-btd1.jpg
Jalan Selayang Pandang Anambas yang terancam ambruk. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Kepri untuk pembangunan Jalan Selayang Pandang II. Pasalnya, Pemkab Anambas tak mampu mengakomodir pembangunan jalan sepanjang 1,6 km tersebut, dengan pagu anggaran Rp129 miliar.

"11 Agustus 2018, kemarin kita sudah mengirimkan proposal pembangunan Jalan Selayang Pandang II kepada Pemerintah Provinsi Kepri, dengan bunyi 70 persen ditanggung oleh Pemprov Kepri dan 30 persen ditanggung Pemda. Itu kesepakatan awal ketika kami melakukan koordinasi di Provinsi Kepri," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penilitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah (Balitbangpeda) Anambas, Adies Saputra, Senin (13/8/2018).

Adies menyinggung, pembangunan Jalan Selayang Pandang II menjadi prioritas pada tahun 2019 mendatang. Mengingat kondisi Jalan Selayang Pandang I saat ini cukup memprihatinkan.

"Sebelumnya pembangunan Jalan Selayang Pandang II ini sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), tinggal melaksanakan saja. Tetapi selama ini kendalanya pada keterbatasan anggaran, oleh karena itu kita minta bantuan Pemprov Kepri," jelasnya.

Adies merincikan bahwa target pembangunan Jalan Selayang Panjang selama tiga tahun. "Target pengerjaannya 3 tahun, karena pembangunannya dilakukan di atas laut. Dan jalan ini merupakan penghubung 8 desa dan akses menuju pusat perkantoran," tutupnya.

Editor: Yudha