Kesadaran Warga Pasang Bendera Merah Putih di Anambas Minim
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 12-08-2018 | 14:32 WIB
merah_putih_anambas.jpg
Polres Siantan, Anambas tengah memasang Bendera Merah Putih didepan rumah warga (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Minimnya kesadaran serta jiwa patriot dari masyarakat Kepulauan Anambas khususnya Tarempa untuk memasang bendera Merah Putih di depan rumah mereka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73, membuat jajaran Mapolsek Siantan turun tangan dan menggelar patroli, Sabtu (11/8/2018). Padahal Anambas adalah garda terdepan NKRI yang berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand.

Alhasil, banyak ditemukan pemukiman warga yang kedapatan tidak memasang bendera merah putih dihalaman rumah mereka. Alasannya pun bervariasi, ada yang mengaku lupa serta ada juga yang mengaku tidak memiliki tiang sehingga mereka belum memasang bendera.

"Banyak yang belum pasang. Ada yang mengaku lupa ada jaga yang mengaku tidak ada tiang. Dan kita juga temukan, ada warga memasang bendera alakadarnya. Tangkai sapu jadi tiang kemudian diikatkan pada papan nama jalan. Yang seperti ini kita turunkan dan meminta kepada warga untuk mengganti tiang benderanya,"kata Kapolsek Siantan AKP.Jefri Syam kepada awak media usai patroli.

Tidak hanya pemukiman warga yang menjadi sasaran. Kantor instansi pemerintahan, sekolah, hotel, penginapan serta kantor BUMN juga tidak luput dari pantauan petugas. Jefri Syam mengaku, saat patroli berlangsung pihaknya juga menemukan ada sejumlah kantor pemerintahan dan tempat usaha yang tidak menaikkan bendera dengan alasan hari libur.

"Bagi instansi pemerintahan, tidak ada alasan hari libur. Makanya, saat itu juga kita intruksikan untuk langsung naikkan bendera. Sementara untuk tempat usaha yang belum memasang bendera, kita himbau untuk memasangnya,"jelasnya.

Syam menambahkan, kegiatan patroli ini dilakukan agar jiwa patriot dan nasionalis dari masyarakat Anambas tidak luntur atas perjuangan para pejuang yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan.

Ia mentargetkan, selama satu bulan penuh seluaruh masyarakat tarempa memasang bendera di rumah mereka. "Target kita, memerahputikan Anambas. Itu intruksi dari pak Kapolres,"tutupnya.

Editor: Surya