Terkendala Minimnya ,Moda Transportasi Antar Pulau

Wings Air Buka Rute Penerbangan Batam-Anambas 10 Agustus Mendatang
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 06-08-2018 | 13:40 WIB
wings-air-konfrens1.jpg
Kasatpel Bandara Letung, Ariadi didampingi Area Manager Lion Grup Pontianak dan Distrik Manager Lion Grup Batam, Bire. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Maskapai penerbangan Wings Air rute Batam - Anambas - Batam mulai beroperasi pada Jumat (10/8/2018) mendatang. Namun kendala yang dihadapi kurangnya dukungan moda transportasi antar pulau.

"Ini kendala yang harus dipecahkan, butuh konektivitas untuk mendukung Wings Air, baik dari Tarempa serta Palmatak menuju Letung dan sebaliknya. Kalau moda transportasi dari Bandara Letung ke Pelabuhan, dan dari Pelabuhan ke Bandara Letung sudah ada bus Dinas Perhubungan," ujar Kepala Satuan Pelaksana Bandara Letung, Ariadi, Senin (6/8/2018).

Ariadi yang didampingi Area Manager Lion Grup Pontianak, Noviyanti dan Distrik Manager Lion Grup Batam, Bire ingin memastikan moda transportasi tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pasalnya, tujuan Wings Air untuk membuka rute Batam - Anambas - Batam meningkatkan konektivitas serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Anambas.

"Pangsa pasar yakni pariwisata dan bisnis Man. Harga tiket pesawat ATR 72-600 tersebut cukup terjangkau. Harga tiket Batam - Anambas Rp560.000 sedangkan Anambas - Batam Rp630.000. Dengan frekuensi penerbangan 1 kali pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Kalau memang lancar, maka penerbangan ini bisa ditingkatkan menjadi setiap hari," jelasnya.

Area Manager Lion Grup, Noviyanti mengakui, alam Anambas sangat layak dikunjungi. "Alam Anambas ini sangat indah, dan patut dikunjungi. Kami berharap kerjasama ini bisa berjalan lancar," harapnya.

Distrik Manager Lion Grup Batam, Bire menguraikan, Wings Air memiliki kapasitas 70 seat. "Untuk tiket bisa dibeli menggunakan aplikasi maupun dari travel agent. Ini yang harus disosialisasikan kepada masyarakat. Karena masyarakat bertanya-tanya untuk membeli tiket," ucapnya. ?

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial mengatakan, untuk mendukung moda transportasi antar pulau masih mengharapkan feri cepat rute Tanjungpinang- Tarempa dan Batam-Tarempa.

"Kita ada pengadaan speed boat dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Informasi yang saya terima, pengadaan speed boat ini akan rampung pada akhir Oktober (2018) ini, dan kapasitasnya 25 seat," ungkapnya.

Editor: Yudha