Jelang Libur Bersama, BKPSDM Anambas Sidak Kehadiran Pegawai
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 07-06-2018 | 15:40 WIB
sidak-pemkab-anambas1.jpg
Kabid Kedisiplinan Pegawai, BKPSDM didampingi perwakilan Inspektorat dan Satpol PP saat melakukan sidak. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Anambas bersama Inspektorat dan Satpol PP melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek kehadiran pegawai pada Kamis (7/6/2018).

Sidak tersebut dilakukan karena dicurigai adanya ASN atau PTT yang telah memanfaatkan surat perintah perjalanan dinas (SPPD) baik itu Dinas Luar (DL) atau Dinas Dalam (DD) untuk mudik lebaran.

"Kita sebagai tim yang melakukan sidak memang mencurigai adanya DL maupun DD bagi pegawai menjelang libur Hari Raya Idul Fitri. Sementara waktu normal untuk bekerja tinggal satu hari saja. Sabtu (9/6/2018) sudah memasuki hari libur sampai dengan Rabu (20/6/2018) mendatang," ujar Kepala Bidang Kedisiplinan Pegawai, BKPSDM Anambas, Tony Karnain, Kamis (7/6/2018).

Tony mengakui, bagi pegawai yang melakukan dinas dalam kabupaten masih dapat dilakukan konfirmasi ke daerah tujuan. Namun yang sulit yakni pegawai yang melakukan dinas luar.

"Kalau DD mungkin bisa mengunjungi desa maupun kecamatan. Kalau masih wilayah Anambas bisa kita konfirmasi. Tetapi ketika pegawai DL, ini yang sulit. Atau mungkin SPPD DL itu dimanfaatkan sebagai biaya mudik," ungkapnya.

Menurutnya hal tersebut akan dikoordinasikan dengan Pimpinan OPD serta Sekretaris Daerah. "Ke depan kami rasa perlu dibuat regulasi agar kejadian ini tidak berlanjut. Karena tidak mungkin ada DL atau DD sehari sebelum libur," ungkapnya.

Editor: Yudha