Sinyal Seluler Sering Lelet, Pengiriman Laporan Jajaran Polres Anambas Terganggu
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 05-06-2018 | 16:16 WIB
kapolres-wifi1.jpg
Kapolres Anambas, AKBP Junoto yang sedang memanfaatkan wifi di NOC PRB. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Anambas mengeluhkan sulitnya sinyal jaringan seluler di Tarempa, Kecamatan Siantan. Hal ini bahkan mengganggu pengiriman laporan maupun penerimaan informasi di lingkungan Pores Anambas.

"Untuk mengirim laporan ke atasan menjadi terganggu. Begitu juga personil yang ada di lapangan, juga merasakan kesulitan pengiriman laporan. Yang jelas, komunikasi terganggu," ujar Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Selasa (5/6/2018), yang juga mengupload status 'Sinyal Dimanakah Dirimu' pada salah satu aplikasi messengernya.

Junoto menguraikan bahwa pihaknya mencari sinyal hingga subuh untuk memastikan mendapat laporan dari personil di lapangan dan menyampaikan laporan ke atasan.

"Kita sampai mencari-cari spot wifi di Jalan Air Padang, tepat di NOC Palapa Ring Barat (PRB). Saat ini, wifi menjadi solusi untuk kelancaran akses internet. Mudah-mudahan, minimnya akses internet ini segera mendapat solusi," harapnya.

Sebagai daerah kepulauan, akses telekomunikasi menjadi andalan utama untuk mendapat informasi maupun menerima laporan. Namun, sudah hampir dua minggu keberadaan sinyal di Tarempa kembali lelet.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Anambas, Jeprizal menerangkan bahwa saat ini PRB sedang memperbaiki kabel fiber optik yang beberapa waktu lalu telah dicuri orang tak bertanggungjawab.

"Informasinya, tanggal 12 Juni kapasitas 4G sudah kembali normal. Karena saat ini masih tahap perbaikan. Ini butuh waktu, karena kabel berada di dasar laut," jelas Jeprizal.

Editor: Yudha