Bupati Anambas Pastikan Kesiapan Transportasi Laut untuk Pemudik
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 05-06-2018 | 13:04 WIB
bupati-anambas2.jpg
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris saat memimpin rapat koordinasi transportasi pemudik. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris memastikan transportasi laut dan udara mampu mengakomodir pemudik dari dan menuju Anambas menjelang lebaran. Namun yang harus diwaspadai yakni kondisi cuaca. Pasalnya, Anambas akan terdampak cuaca taipon dari Philipina.

"Untuk transportasi mudah-mudahan tidak ada halangan, karena transportasi laut dan udara hingga saat ini masih lancar. Bahkan dari informasi yang saya terima, puncak mudik terjadi pada tanggal 7 Juni hingga 12 Juni," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, usai menggelar rapat lintas sektor di Aula Sekretariat Pemkab Anambas, Selasa (5/6/2018).

Namun yang harus diwaspadai yakni dampak cuaca taipon yang melanda Philipina. Menurutnya, Anambas akan berdampak cuaca tersebut. Dan dia meminta agar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) rutin update kondisi cuaca.

"Ini yang perlu kita waspadai. Syahbandar pun menurut saya harus mewaspadai ini, agar tidak terjadi over load pada transportasi laut," jelasnya.

Perwakilan Syahbandar Tarempa, Darlis memaparkan bahwa sampai saat ini fery cepat Tanjungpinang-Tarempa dan Batam-Tarempa masih beroperasi sesuai jadwal.

"Kalau fery ini sesuai jadwal, jumlah pemudik bisa diakomodir. Bahkan dari agen tiket, dari tanggal 7 Juni hingga 11 Juni tiket sudah habis terjual, baik fery cepat Tanjungpinang maupun Batam. Kalau memang membludak, fery Tanjungpinang-Tarempa tetap stanby," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan BMKG, Hanggar mengatakan bahwa prediksi cuaca selama tiga hari kedepan tidak akan mengganggu pelayaran.

"Selama tiga hari ke depan masih aman. Kami akan rutin update kondisi cuaca selama menjelang lebaran maupun sesudah lebaran," ucapnya.

Editor: Dardani