Tingkatkan Produksi, Medco E&P Eksplorasi Sumur Baru di Perairan Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 23-04-2018 | 15:28 WIB
medco-jakarta1.jpg
Senior Manager Relations dan Security Medco E&P, Drajat Panjawi saat memberikan kata sambutan pada Pelatihan Media Anambas di Jakarta. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Medco E&P berencana ingin meningkatkan produksi kegiatan hulu minyak dan gas bumi di Kabupaten Kepulauan Anambas. Pasalnya sejak 50 tahun kegiatan eksplorasi berjalan di Anambas, produksi minyak dinilai sudah menurun.

"Secara produksi, kegiatan hulu minyak dan gas dijalankan secara terus-menerus. Maka kami ingin menambah sumur minyak di Anambas atau disebut Eksplorasi Lapangan Tuna," ujar Senior Manager Relations dan Security Medco E&P saat membuka acara Pelatihan Media Anambas di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Drajat menambahkan, peningkatan ekplorasi tersebut juga merupakan masa depan indsutri, masa depan Anambas dan Kepri. Masa depan industri katanya, pendukung Pendapatan Asli Negara didukung oleh kegiatan minyak dan gas bumi.

"Kami intens melakukan koordinasi tentang rencana Eksplorasi Lapangan Tuna kepada Gubernur Provinsi Kepri dan kami jelaskan bahwa Provinsi Kepri merupakan daerah penghasil migas. Yang juga berpartisipasi dalam peningkatan PAD negara," jelasnya.

Drajat juga berharap, pemerintah daerah mendukung rencana peningkatan ekspolrasi tersebut. Khususnya bagi nelayan agar tidak mendekati platform.

"Untuk menjaga keamanan eksplorasi di Perairan Anambas kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Anambas dan Pemprov Kepri. Kami juga berharap semua elemen mendukung pengembangan eksplorasi di Perairan Anambas. Khususnya nelayan agar tidak mendekati titik eksplorasi," jelasnya.

Drajat menyinggung, untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar platform maupun Matak Base, pihaknya sudah menyalurkan berbagai program tanggungjawab sosial.

"Balai benih ikan juga kita bantu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kemudian pengembangan desa wisata serta membantu Pemda membangun icon wisata taman terbuka. Kami tidak terlepas dari program tanggungjawab sosial kepada masyarakat maupun ke Pemda dengan tujuan peningkatan perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha