Disdik Anambas Targetkan Dua SMP Gelar UNBK Tahun 2019
Oleh : Freddy Silalahi
Senin | 23-04-2018 | 11:33 WIB
UNBK_smp.jpg
Ilustrasi UNBK SMP

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas targetkan dua sekolah sebagai percontohan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pasalnya, sekolah yang lain dinilai belum siap menerapkan UNBK.

Dari 28 SMP/sederajat di Anambas memang belum ada yang menerapkan UNBK tahun ajaran 2017/2018. Karena belum ada sekolah yang siap menerapkan UNBK baik teknis maupun sarana dan prasarana,"ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Pendidikan Dasar, Disdikpora Anambas, Mustajab Senin(23/4/2018).

Mustajab mengakui, tahun ajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Siantan dipersiapkan untuk penerapan UNBK. Namun karena terkena banjir pada Januari 2018 lalu maka rencana penerapan UNBK diundur.

"Kita targetkan tahun ajaran 2018/2019 SMP Negeri 1 Siantan dan SMP Negeri 2 Siantan sebagai percontohan penerapan UNBK," akunya.

Disinggung mengenai program wifi nusantara yang menyasar sejumlah sekolah di daerah perbatasan, Mustajab mengakui tujuannya sebagai pendukung penerapan UNBK. Namun, dari pihak sekolah diakui belum siap.

"Komputer dan internet menjadi sarana utama penerapan UNBK. Tetapi belum semua sekolah memiliki ruangan komputer. Ini yang perlu kita terapkan dan guru-gurunya butuh bimbingan teknis. Tahun ini kita fokuskan untuk penyediaan alat dan persiapan teknis kepada tenaga pengajar," jelasnya.

Editor: Surya