Tingkatkan Kualitas KIP, PPID Anambas Belajar ke Diskominfo Bojonegoro
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 19-04-2018 | 16:28 WIB
ppid-anambas1.jpg
PPID Anambas saat mengunjungi Diskominfo Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Kepulauan Anambas berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bojonegoro? Provinsi Jawa Timur dalam percepatan peningkatan kualitas Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Kenapa memilih Bojonegoro, karena PPID Kabupaten Bojonegoro diproyeksikan sebagai percontohan?. Dan PPID Bojonegoro satu-satunya kabupaten yang dijadikan pilot project oleh Open Government Partnership (OGP) yang berpusat di USA dan mencakup 15 negara. Tidak hanya skala nasional, PPID Bojonegoro diakui untuk skala Internasional," ujar pengelola PPID Anambas, Richart, Kamis (19/4/2018).

Didampingi oleh Kabid Pengelola Komunikasi Publik Diskominfo Bojonegoro, Richart mengakui bahwa Pemerintahan Bojonegoro benar-benar menerapkan pemerintahan yang terbuka.

"Semua informasi pemerintahan memang terbuka, bahkan tidak ada yang disembunyikan. Hal seperti ini yang akan kita terapkan di Anambas. Sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi," jelasnya.

Richart menyinggung, saat ini website PPID Anambas hanya diisi oleh informasi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Tarempa. Menurutnya, target PPID kedepan yakni ingin melampirkan informasi tentang kecamatan hingga ke desa.

"Kita juga disarankan untuk meningkatkan website ?PPID hingga ke desa-desa dan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kami juga menargetkan PPID Anambas mampu bersaing pada skala nasional," tegasnya.

Editor: Yudha