Minat Putra-Putri Anambas Daftar Polri Masih Minim
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 18-04-2018 | 13:40 WIB
kapolres-anambas-junoto11.jpg
Kapolres Anambas AKBP Junoto. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Anambas AKBP Junoto mengakui minat putra-putri Anambas untuk menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih minim. Sejak dibukanya pendaftaran Akpol, Bintara dan Tamtama 26 Maret 2018 hingga 11 April 2018 hanya dua belas (12) peserta yang mendaftar.

"Kita sudah berupaya untuk mencari minat putra-putri Anambas menjadi anggota Polri. Sudah melakukan sosialisasi di Kecamatan Siantan, Palmatak dan Jemaja. Memang niat yang kurang dan kondisi SDM yang tidak boleh disamakan dengan putra-putri yang di Batam," ujar AKBP Junoto, Rabu (18/4/2018).

Junoto menyayangkan minimnya minat putra-putri Anambas. Pasalnya, Kapolri memprioritaskan putra-putri perbatasan sebagai anggota. Selain minim minat, Junoto juga mengakui ada tabrakan jadwal penerimaan dengan Ujian Nasional. ?

Adapun 12 orang yang mendaftar yakni 9 Bintara terdiri dari 7 laki-laki dan 2 perempuan, 1 orang Tamtama, dan 2 orang Akpol.?
?
"Kita tidak boleh memaksa, namun yang berminat kita berikan pembinaan pendaftaran. Harapan kami dari 12 orang ini lulus semua, namun kita hanya menunggu hasilnya. Karena mereka yang menjalani ujian di Batam. Kami sudah membantu semampu kami, baik dari psikotest, kesehatan dan fisik,"jelasnya.

Junoto membandingkan, pada tahun 2017 lalu sebanyak 19 orang yang mendaftar anggota Polri dan yang lolos hanya satu orang.

"Gugurnya selalu pada psikotest. Tetapi untuk tahun ini sudah kita bantu dengan melatih ujian psikotest," ucapnya seraya mengatakan salah satu peserta yang mendaftar Akpol sudah lulus administrasi dan lulus psikotest.

Editor: Yudha