Wan Zuhendra Tegaskan MTQ Bukan Kegiatan Seremonial Semata
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 17-03-2018 | 13:00 WIB
nurdin-beri-kata-sanbutan.jpg
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memberikan sambutan pada pembukaan MTQ V Tingkat Kabupaten di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) yang juga Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, menegaskan, Musyabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) bukan acara seremonial atau ajang perlombaan semata.

"Melalui MTQ inilah kita mampu meningkatkan iman dan akhlak. Ini bukan kegiatan seremonial semata, tetapi MTQ juga untuk meningkatkan tali persaudaraan di tengah-tengah masyarakat," ujar Wan Zuhendra dalam sambutannya pada acara pembukaan MTQ V Kabupaten di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur, Jumat (17/3/2018) malam.

Wan juga berharap agar MTQ dapat melahirkan bibit-bibit muda qori dan qoriah. Sehingga lebih bijak dalam menepis isu yang merusak keagamaan.

"Iman merupakan tonggak pembangunan bagi daerah. Maka dari itu, mari kita wujudkan persatuan dan kebersamaan dalam meneruskan pembangunan Kabupaten Anambas, diiringi dengan iman yang kuat agar isu-isu yang merusak keagamaan dapat ditepis," tegasnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana MTQ V Kabupaten, Sahtiar, mengatakan MTQ merupakan seleksi qori dan qoriah dalam mengikuti MTQ VII Tingkat Provinsi.

"Dari 22 cabang diperlombakan, Hifdzil 20 juz dan 30 juz tidak ada yang mengikuti. Ini menjadi evaluasi kita bersama. Camat dan Kepala Desa tolong tetap dilakukan pembinaan sehingga ada bibit baru yang berdaya saing dan nantinya akan mewakili daerah kita di tingkat provinsi," tegasnya.

Editor: Udin