Seluruh OPD Pemkab Anambas Dikerahkan Gotong Royong Pasca Banjir
Oleh : Alfreddy Silalahi
Rabu | 17-01-2018 | 17:02 WIB
gotong-royong-anambas1.jpg
OPD gotong royong paska banjir. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas gelar gotong royong pasca banjir yang menimpa Kelurahan Tarempa, pada Minggu (14/1/2017) malam lalu. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dikerahkan untuk melakukan bersih-bersih.

"Kita melihat Kelurahan Tarempa ditebari sampah. Di satu sisi warga juga masih sibuk membersihkan pekarangan rumah usai banjir. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam memperingati 17 hari bulan, yang biasanya dilakukan apel bersama diubah menjadi gotong royong, "kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Rabu (17/1/2018).

Wan menambahkan, gotong royong tersebutkan dilaksanakan pada Kelurahan Tarempa dan Kampung Baru. Pasalnya, kedua wilayah tersebut merupakan sasaran luapan sungai Sugi.

"Seluruh OPD dikerahkan untuk melaksanakan gotong royong. Kita sudah susun wilayah gotong royong OPD. Untuk wilayah sekitaran Masjid Jami ada 7 Dinas, di Jalan Hang Jebat ada 3 Dinas, Pasar Inpres 2 Dinas. Bahkan TNI/Polri dan Kejaksaan turut kita undang," terangnya.

Dari hasil gotong royong di lapangan, OPD mendapati sejumlah barang elektronik yang rusak akibat terkena banjir, bahkan banyak pakaian dan kasur yang ikut hanyut akibat banjir.

"Kulkas, TV kita temui sudah rusak dan ditumpukkan dengan sampah. Kasur dan pakaian yang lebih banyak kita temui ketika melakukan gotong royong. Kemudian papan atau kayu, dari lemari, meja dan sisanya pelastik. Sampah ini lebih dari 10 lori," ujar Richart, salah satu pegawai.

Editor: Yudha