Kesbangpol Anambas Imbau Masyarakat Waspada Bencana Alam
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 11-12-2017 | 18:50 WIB
tanah-lungsor-di-Anambas.jpg
Proses evakuasi batu dari bahu jalan di Denung Dusun (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kesbangpol PDB) meminta masyarakat waspada terhadap wilayah yang rawan longsor, khususnya akibat dampak pembukaan jalan menuju Desa Temburun - Pasir Peti.

"Kita mengimbau masyarakat  waspada, khususnya di Denung Dusun, Kecamatan Siantan. Kebetulan di sana sedang pembangunan jalan. Dan tanah di sana lembut, sehingga apabila hujan turun berpotensi longsor," ujar Khairul Syahadat, Kabankesbangpol Anambas, Senin (11/12/2017).

Dia mengakui, pada Jumat (9/12) lalu terjadi longsor di Denung Dusun akibat wilayah Anambas diguyur hujan. "Kejadiannya Jumat malam, dan batuan jatuh langsung ke jalan. Beruntung tidak ada korban. Dan Sabtu pagi pihak kontraktor membantu masyarakat menyingkirkan batu dari bahu jalan," ujarnya.

Sementara salah satu warga Denung Dusun, Rohadi, menceritakan bahwa tumpukan tanah dan batu, runtuh dari bukit dan jatuh tepat di jalan yang baru dibuka.

"Warga sempat kaget mendengar suara runtuhnya batu itu. Namun untungnya jauh dari pemukiman. Kami memprediksi ini dampak dari pembukaan jalan. Ketika hujan turun maka berpotensi longsor," terangnya.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengantisipasi bencana alam tersebut. "Paling tidak adalah upaya pemerintah, baik itu membuat batu miring atau apapun untuk mengantisipasi bencana," harapnya.

Editor: Udin