Waspada Gelombang Tinggi Disertai Angin Kencang di Anambas dan Natuna
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 10-12-2017 | 15:30 WIB
Gelombang.jpg
Ilustrasi gelombang tinggi

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, di Jakarta keluarkan surat yang bersifat penting. Sebagai peringatan potensi peningkatan gelombang tinggi dan angin kencang sekitaran Anambas dan Natuna.

"Sehubungan dengan prakiraan adanya peningkatan kecepatan angin di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, kami informasikan peringatan dini adanya potensi peningkatan angin kencang dan gelombang tinggi,"ujar Kepala Pusat BMKG, Nelly Florida Riama melalui rilisnya, Minggu (10/12/2017).

Dia menguraikan, berdasarkan pantauan atmosfer terdapat peningkatan kecepatan angin hingga 36 km perjam hingga 54 km perjam dengan arah angin Utara Timur Laut.

"Dampak kecepatan angin ini bisa menimbulkan gelombang tinggi yang mencapai 2,5 meter hingga 4 meter. Ini sudah masuk kategori tinggi," terangnya.

Dia berpesan agar masyarakat maupun kapal yang melintas tetap waspada dan siaga terhadap cuaca.

"Nelayan, kegiatan hulu minyak dan gas, maupun transportasi laut harus tetap siaga dan waspada,"himbaunya.

Informasi yang dihimpun, Jumat malam (8/12) lalu kapal kargo KLM Berdikari bermuatan sembako dari Tanjungpinang menuju Tarempa, Anambas tenggelam di wilayah perairan Pulau Marapas. Dihari yang sama juga, pesawat Xpress Air tidak landing di Bandara Khusus Matak karena kecepatan angin yang mengganggu penerbangan.

Bahkan, untuk wilayah Anambas terlihat kegiatan di laut sangat sepi. Dan sejumlah nelayan belum berani melaut.?

Editor: Surya