Evaluasi Kinerja OPD Anambas, Realisasi Keuangan Dinas PU Paling Rendah
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 21-11-2017 | 12:38 WIB
rapat-evaluasi-OPD.jpg
Suasana rapat evaluasi kinerja OPD Pemkab Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengevaluasi kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka, ingin mengetahui target realisasi keuangan dan fisik seluruh OPD.

"Ini sudah dipenghujung tahun, kami ingin mengawasi dan mengawal program OPD baik itu target, realisasi keuangan dan fisik. Kami juga tidak ingin Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) meningkat dari tahun sebelumnya," ujar Bupati Abdul Haris, yang juga diamini oleh Wakil Bupati, Wan Zuhendra, Selasa (21/11/2017) di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS).

Haris menambahkan, pihaknya juga mengundang sejumlah tokoh masyarakat pada rapat tersebut. Guna untuk mengetahui kinerja pemerintahan.

"Evaluasi ini untuk mendorong, memacu semangat OPD dan belajar dari pengalaman. Jangan takut ditegur karena salah, jadikan itu motivasi untuk perbaikan. Kami juga mengundang tokoh masyarakat agar mereka tahu apa program pemerintah dan kita ingin itu transparan. Kemudian bagi Kepala Desa yang hadir, kami harapkan bisa menyinkronkan program dengan Pemda," tegasnya.

Dari pemaparan sejumlah OPD, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merupakan dinas yang serapan anggarannya paling rendah hingga November 2017.

"Kita lebih banyak program dipembangunan fisik. Total anggaran di Dinas PU mencapai Rp164 miliar, dan realisasinya baru 42 persen atau berkisar Rp68 miliar. Sementara kontrak pekerjaan proyek strategis akan berakhir 26 Desember mendatang. Di situ baru anggaran bisa terserap. Untuk realisasi fisik sudah mencapai 69 persen dari 14 paket," jelasnya.

Seperti diketahui, jumlah APBD Pemkab Anambas Tahun Anggaran 2017 mencapai Rp862 miliar. Sementara realisasi keuangan dari seluruh OPD berkisar 65 persen.

Namun, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Azwandi optimis realisasi anggaran mencapai 90 persen hingga dipenghujung tahun 2017. "Kita tinggal menunggu aksi dari OPD," ujarnya, seraya dipertegas oleh Bupati, setiap OPD harus mencapai target realisasi keuangan dan fisik yang sudah ditentukan.

Editor: Gokli