Naik Rp 59 Miliar, Asumsi APBD Anambas 2018 Rp 885 Miliar
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 16-11-2017 | 20:02 WIB
Penyerahan-KUA-PPAS-Anambas.gif
Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, menyerahkan draf KUA-PPAS kepada Ketua DPRD, Imran (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Asumsi Pendapatan Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2018 ditetapkan berkisar Rp885 miliar. Angka tersebut mengalami kenaikan Rp59,1 miliar dari APBD tahun 2017 sebesar Rp825,9 miliar.

"Hasil pembahasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar DPRD) serta koordinasi dengan Kementerian Keuangan, maka ditetapkan asumsi pendapatan pada APBD tahun 2018 sekitar Rp885 miliar," ujar Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Imran, Kamis (16/11/2017) sebelum menanatangi kesepakatan bersama Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan bahwa angka tersebut diperoleh karena adanya kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa).

"Asumsi sebelumnya hanya Rp636,9 miliar karena dana perimbangan menurun dan dana bagi hasil (DBH) migas menurun. Tetapi setelah kita memperoleh informasi dari Kementerian Keuangan, maka asumsi ditetapkan pada Rp885 miliar," ujarnya.

Ketika disinggung mengenai menurunnya DBH Migas dari Rp58 miliar di tahun 2017 menjadi Rp28 miliar di tahun 2018, Wan mengatakan, sumur minyak dan gas di Anambas turun.

"Sumur tua, sehingga lifting minyak dan gas menurun. Itu jawaban yang kita terima dari SKK Migas dan SKK Migas menerangkan harga minyak dan gas juga menurun. Sehingga DBH berimbas," jelasnya.

Usai memberikan kata sambutan, Wakil Bupati dan Ketua serta Wakil Ketua DPRD menandatangi bersama Rancangan KUA-PPAS.

Sebelum membubarkan rapat paripurna, Ketua DPRD Anambas juga menyarankan Pemerintah Daerah semakin meningkatkan kinerja demi kesejahteraan masyarakat.

"Kita semua harus bekerja keras membangun daerah ini, demi kesejahteraan masyarakat," ungkapnya seraya menutup rapat paripurna penandatanganan bersama Rancangan KUA-PPAS tahun anggaran 2018.

Editor: Udin